Jumat, 25 November 2011

Pembiasan pada prisma

Praktikum mengenai Pembiasan cahaya pada prisma,pembiasan terjadi karena perbedaan kerapatan medium zat.Prisma yang disinari oleh sinar akan membentuk cahaya berwarna pelangi.Pada dasarnya didalam prisma terjadi kerapatan medium karena pada saat disinari sinar itu akan membentuk sudut deviasi.
Sudut deviasi adalah sudut penyimpangan yang dibentuk oleh perpanjangan berkas sinar datang dan berkas sinar yang keluar dari prisma.pada percobaan kami pada saat disinari terjadi bayangan berwarna putih agak pelangi yang muncul ada 3.saya berfikir bahwa pada saat kerapatan zat itu mendapatkan perbedaan kerpatan yang tinggi,menjadikan sinar cahaya masuk akan dibiaskan dengan sudut berbeda tergantung kerapatannya.
Apabila sudut datangnya sinar diperkecil, maka sudut deviasinya pun akan semakin kecil. Sudut deviasi akan mencapai minimum (Dm) jika sudut datang cahaya ke prisma sama dengan sudut bias cahaya meninggalkan prisma atau pada saat itu berkas cahaya yang masuk ke prisma akan memotong prisma itu menjadi segitiga sama kaki.
jadi pada saat cahaya masuk tidak akan terbentuk bayangan yang sama dengan awal,karena pada prisma beberapa cahaya ada yang dibagi-bagi menjadi 3,yakni salah satunya yang mengalami pembengkokan tetapi hanya terjadi sedikit saja cahaya pelanginya karena ini baru percobaan pertama saya.
Sekian cerita saya tentang pembiasan pada prisma,sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar